Jumat, 14 Februari 2014

Contoh Naskah pidato



Contoh Naskah pidato
Bagi teman-teman yang membutuhkan contoh sebuah naskah pidato, mungkin naskah pidato dari saya bisa bermanfaat. Silahkan membaca 

Banjir

Assalamu’ alaikum Warahmatullahhi Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua
Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena dengan rahmat dan ridhonya kita dapat berkumpul di tempat ini. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang telah hadir disini. Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato saya yang akan membahas tentang “ Banjir dan Upaya Pencegahan Banjir”.
Di zaman yang modern ini pertumbuhan penduduk sangat cepat dan lahan untuk
dijadikan papan sangat sulit didapatkan. Karena hal itulah para penduduk banyak yang bermukim di bantaran-bantaran sungai. Penyebab banjir ada 2 faktor yaitu faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam yaitu curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai meluap,dan membanjiri pemukiman penduduk. Faktor manusia yaitu sikap para penduduk yang membuang sampah langsung ke sungai dan ketika hujan datang air sungai meluap karena banyak sampah. Karena faktor tersebut menyebabkan bencana banjir tidak dapat terhindari. Sehingga para penduduk menjadi korban atas bencana tersebut padahal peristiwa tersebut semata-mata karena sikap mereka yang membuang sampah sembarangan. Dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir ini sangat merugikan penduduk antara lain: banjir mendatangkan banyak penyakit karena ketika air menyusut banyak sampah yang tersisa dan sarang dari penyakit, hilangnya harta benda, hilangnya tempat tinggal penduduk, kerugian materi yang dialami oleh penduduk serta rusaknya fasilitas-fasilitas umum karena banjir dan menelan banyak jiwa.
Pemerintah sudah memberikan banyak peringatan terhadap penduduk seperti memberikan penyuluhan tentang banjir, dan melakukan prokasih (program kali bersih) untuk membersihkan kali atau sungai yang tercemar oleh sampah agar tidak terjadi banjir. Tetapi, untuk mencegah banjir selain melalui program tersebut para penduduk atau masyaraka harus menumbuhkan kesadaran akan lingkungan yang bersih dari diri mereka sendiri agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga bencana banjir bisa dihindari.
Maka dari itu Bapak/Ibu serta teman-teman marilah kita menjaga lingkungan kita dengan tidak membuang sampah sembarangan agar bencana banjir ini bisa dihindari. Sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada salah kata karena kesempurnaan hanya milik yang maha kuasa.
Wabillahi taufik walhidayah. Wassalamu’alaikm Warahmatullah Wabarakatuh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar